Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

GAJIUMR.COM – Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen penting yang harus disertakan saat mengajukan permohonan untuk sebuah posisi pekerjaan. Surat ini memberikan kesempatan kepada pelamar untuk menjelaskan mengapa dia cocok untuk posisi tersebut. Bagian-bagian surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar haruslah disusun dengan hati-hati agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh pihak yang membacanya.

1. Bagian Pembuka

Bagian pembuka adalah bagian pertama dari surat lamaran pekerjaan. Pada bagian ini, pelamar harus menyebutkan informasi dasar seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Selain itu, pelamar juga harus menyebutkan nama perusahaan atau instansi yang dituju serta alamatnya. Bagian pembuka ini juga dapat dijadikan kesempatan untuk menunjukkan keberminatan pelamar terhadap perusahaan atau instansi tersebut.

2. Bagian Pengenalan Diri

Setelah bagian pembuka, pelamar harus menyampaikan pengenalan diri secara singkat dan jelas. Bagian ini dapat berisi informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja yang relevan, keahlian khusus, dan prestasi yang pernah diraih. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pihak yang membaca surat bahwa pelamar memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

3. Bagian Motivasi

Bagian motivasi adalah bagian yang penting dalam surat lamaran pekerjaan. Pada bagian ini, pelamar harus menyampaikan alasan mengapa dia tertarik untuk bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Pelamar dapat menyebutkan nilai-nilai perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai pribadi, atau menunjukkan keinginan untuk berkembang dan memberikan kontribusi bagi perusahaan atau instansi tersebut.

4. Bagian Hubungan dengan Posisi yang Dituju

Bagian ini merupakan kesempatan bagi pelamar untuk menjelaskan mengapa dia cocok untuk posisi yang sedang dibuka. Pelamar harus menunjukkan pengetahuan dan keahlian yang relevan dengan posisi tersebut, serta menggambarkan bagaimana dia dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan atau instansi tersebut. Pada bagian ini, pelamar juga dapat menyebutkan pengalaman kerja atau proyek yang pernah dilakukan yang berkaitan dengan posisi yang sedang dibutuhkan.

5. Bagian Penutup

Bagian penutup adalah bagian terakhir dari surat lamaran pekerjaan. Pada bagian ini, pelamar harus menyampaikan kesan positif dan harapan untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut. Pelamar juga dapat menyebutkan ketersediaan untuk dihubungi dan mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan.

6. Format Surat Lamaran Pekerjaan

Format surat lamaran pekerjaan juga perlu diperhatikan agar surat terlihat profesional dan rapi. Surat lamaran pekerjaan umumnya menggunakan format surat resmi dengan alamat pengirim di bagian atas kanan, diikuti dengan alamat tujuan di bagian bawah kiri. Judul surat dapat diberi dengan “Surat Lamaran Pekerjaan” diikuti dengan nama perusahaan atau instansi yang dituju. Selain itu, surat juga harus menggunakan bahasa yang jelas, singkat, dan sopan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan bagian-bagian yang telah dijelaskan di atas:

Tuan/Ibu HRD

PT Contoh Perusahaan

Jl. Contoh Alamat

Kota Contoh

Telp. (021) 1234567

Email: [email protected]

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Contoh Nama

Alamat: Contoh Alamat

No. Telepon: 08123456789

Email: [email protected]

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan di PT Contoh Perusahaan sesuai dengan posisi yang sedang dibuka. Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan, serta memiliki keahlian dalam bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Saya tertarik untuk bekerja di PT Contoh Perusahaan karena nilai-nilai perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai pribadi saya. Saya juga memiliki motivasi yang kuat untuk berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan. Saya yakin dengan pengalaman kerja dan keahlian yang saya miliki, saya dapat memberikan nilai tambah bagi PT Contoh Perusahaan.

Saya telah mengikuti beberapa proyek yang berkaitan dengan posisi yang sedang dibutuhkan di PT Contoh Perusahaan. Pengalaman tersebut telah membantu saya dalam mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang relevan. Saya percaya bahwa dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, saya dapat menghadapi tantangan yang ada di PT Contoh Perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan curriculum vitae (CV), transkrip nilai, dan sertifikat-sertifikat yang relevan. Saya sangat berharap dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi PT Contoh Perusahaan. Saya juga tersedia untuk dihubungi di nomor telepon dan alamat email yang tertera di atas.

Terima kasih atas perhatian yang diberikan. Saya sangat menghargainya dan berharap dapat segera bergabung dengan PT Contoh Perusahaan.

Hormat saya,

Contoh Nama

Demikianlah contoh bagian-bagian surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Dengan menyusun surat lamaran pekerjaan dengan hati-hati dan memperhatikan bagian-bagian yang telah dijelaskan, pelamar akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang diinginkan. Selamat mencoba!

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik

Anda mungkin telah mendengar istilah “Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan” ketika mencari pekerjaan baru. Surat lamaran pekerjaan adalah dokumen vital yang memberikan kesan pertama kepada perusahaan yang Anda lamar. Untuk memastikan surat lamaran Anda menonjol di antara yang lain, berikut adalah 7 tips Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan yang perlu Anda perhatikan.

Pertama-tama, gunakanlah bahasa Indonesia yang formal dalam surat lamaran pekerjaan Anda. Ketika menggunakan nada formal, Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai proses seleksi dan menghormati perusahaan yang Anda lamar. Jangan ragu untuk menggunakan kata-kata yang baku dan menghindari penggunaan slang atau bahasa gaul.

Kedua, dalam menulis surat lamaran pekerjaan, pastikan Anda menggunakan kata ganti pribadi yang tepat. Alih-alih menggunakan kata “saya”, gunakanlah “saudara” atau “anda” untuk berbicara tentang diri Anda. Dengan cara ini, Anda menciptakan keterlibatan langsung dengan pembaca dan membuatnya merasa dihargai.

Selanjutnya, sederhanakanlah penyampaian Anda. Jangan menggunakan frasa atau kalimat yang terlalu rumit atau berbelit-belit. Perusahaan ingin melihat bahwa Anda jelas dan terfokus dalam mengkomunikasikan keahlian dan pengalaman Anda. Gunakan kalimat yang langsung dan jelas untuk memastikan pesan Anda sampai kepada pembaca dengan mudah.

Tetap menjaga keterlibatan pembaca adalah hal lain yang harus Anda perhatikan dalam surat lamaran pekerjaan. Gunakanlah teknik-teknik menarik seperti pertanyaan retoris untuk memancing minat pembaca. Misalnya, “Apakah Anda mencari karyawan yang penuh dedikasi dan bersemangat? Saya yakin saya adalah orang yang tepat untuk posisi ini.”

Selain itu, gunakan suara aktif dalam surat lamaran pekerjaan Anda. Suara aktif mencerminkan keaktifan dan keberanian Anda dalam mengambil inisiatif. Misalnya, “Saya mengembangkan strategi pemasaran yang berhasil” daripada “Strategi pemasaran berhasil dikembangkan oleh saya.”

Selanjutnya, tetaplah singkat dalam surat lamaran pekerjaan Anda. Jangan membuatnya terlalu panjang dan membosankan. Fokuslah pada poin-poin utama dan hindari pengulangan yang tidak perlu. Perusahaan menerima banyak surat lamaran, jadi pastikan agar surat lamaran Anda dapat dengan cepat menunjukkan keunggulan Anda.

Terakhir, gunakanlah analogi dan metafora untuk memperkaya surat lamaran pekerjaan Anda. Misalnya, “Saya adalah batu pondasi yang kuat dalam tim, siap untuk membangun kesuksesan bersama-sama” atau “Saya adalah bintang yang berkilau di dunia pemasaran, siap untuk menyinari perusahaan Anda.” Dengan menggunakan gaya bahasa yang kreatif ini, Anda dapat membuat pengalaman membaca surat lamaran Anda menjadi lebih menarik dan berkesan.

Dengan menerapkan 7 tips Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara. Ingatlah untuk menggunakan bahasa formal, kata ganti pribadi yang tepat, tetap sederhana, melibatkan pembaca, gunakan suara aktif, tetap singkat, dan gunakanlah pertanyaan retoris serta analogi dan metafora. Semoga sukses dalam pencarian pekerjaan Anda!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .