Contoh Surat Lamaran Kerja Cv Tulis Tangan

GAJIUMR.COM – Contoh Surat Lamaran Kerja Cv Tulis Tangan bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Cv Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Cv Tulis Tangan

Surat lamaran kerja merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi saat seseorang ingin melamar pekerjaan. Surat ini berfungsi sebagai pengantar dan penjelasan mengenai diri pelamar kepada perusahaan yang dituju. Salah satu jenis surat lamaran kerja yang masih banyak digunakan adalah surat lamaran kerja cv tulis tangan.

Surat lamaran kerja cv tulis tangan adalah surat lamaran kerja yang ditulis secara manual menggunakan tangan. Surat jenis ini memiliki kelebihan dalam memberikan kesan personal dan menunjukkan keahlian menulis tangan pelamar. Meskipun saat ini banyak perusahaan yang menerima surat lamaran dalam bentuk digital, namun masih ada beberapa perusahaan yang mewajibkan surat lamaran cv tulis tangan.

Keistimewaan Surat Lamaran Kerja Cv Tulis Tangan

Surat lamaran kerja cv tulis tangan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan surat lamaran kerja digital. Berikut adalah beberapa keistimewaan dari surat lamaran kerja cv tulis tangan:

1. Personal dan Autentik

Dengan menulis surat lamaran cv tulis tangan, pelamar dapat memberikan kesan personal dan autentik kepada perusahaan. Surat yang ditulis dengan tangan akan terlihat lebih personal dan tidak terkesan seperti salinan yang dibuat secara massal.

2. Menunjukkan Keterampilan Menulis Tangan

Surat lamaran cv tulis tangan juga dapat menunjukkan keterampilan menulis tangan pelamar. Jika pelamar memiliki tulisan yang rapi dan mudah dibaca, hal ini dapat memberikan kesan positif kepada perusahaan.

3. Meningkatkan Tingkat Kepentingan

Surat lamaran cv tulis tangan juga dapat meningkatkan tingkat kepentingan pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar. Proses menulis dengan tangan akan membuat pelamar lebih memperhatikan setiap kata yang ditulis, sehingga surat akan terkesan lebih spesifik dan rinci.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Cv Tulis Tangan

Untuk menulis surat lamaran kerja cv tulis tangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah cara menulis surat lamaran kerja cv tulis tangan yang baik dan benar:

1. Gunakan Kertas Berkualitas

Gunakan kertas berkualitas dan bersih saat menulis surat lamaran cv tulis tangan. Hindari menggunakan kertas yang kusam atau kotor, karena hal ini dapat memberikan kesan kurang profesional.

2. Tulis dengan Tinta Hitam atau Biru

Gunakan tinta hitam atau biru saat menulis surat lamaran cv tulis tangan. Hindari menggunakan tinta dengan warna-warna terang, karena hal ini dapat membuat surat sulit dibaca.

3. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Perhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar saat menulis surat lamaran cv tulis tangan. Hindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa.

4. Jelaskan Posisi yang Dilamar

Jelaskan dengan jelas posisi yang dilamar dalam surat lamaran cv tulis tangan. Berikan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana Anda cocok dengan posisi tersebut.

5. Sertakan Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh perusahaan dalam surat lamaran cv tulis tangan. Pastikan nomor telepon dan alamat email yang Anda cantumkan masih aktif dan mudah dihubungi.

6. Tandatangani Surat

Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran cv tulis tangan. Tanda tangan merupakan tanda keseriusan dan kesepakatan dari pelamar terhadap isi surat lamaran.

Conclusion

Surat lamaran kerja cv tulis tangan memiliki keistimewaan tersendiri dalam memberikan kesan personal dan autentik kepada perusahaan. Dalam menulis surat lamaran cv tulis tangan, perhatikan penggunaan kertas berkualitas, tinta hitam atau biru, bahasa yang baik dan benar, serta sertakan informasi kontak yang dapat dihubungi oleh perusahaan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan surat lamaran kerja cv tulis tangan Anda dapat memberikan kesan yang baik kepada perusahaan yang dituju.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Contoh Surat Lamaran Kerja Cv Tulis Tangan Yang Baik

7 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja CV Tulis Tangan dengan Bahasa Indonesia yang Seperti Ditulis Oleh Manusia

Mencari pekerjaan merupakan hal yang tidak mudah, terutama dalam era digital ini. Namun, bagi sebagian orang, surat lamaran kerja CV tulis tangan masih dianggap lebih personal dan menunjukkan ketekunan serta ketelitian. Berikut ini adalah 7 tips untuk membuat surat lamaran kerja CV tulis tangan yang terlihat seperti ditulis oleh manusia:

1. Gunakan Nada Formal
Dalam menulis surat lamaran kerja CV tulis tangan, penting untuk menggunakan nada formal. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau slang. Gunakanlah kalimat yang terstruktur dengan baik dan tetap mengikuti aturan tata bahasa yang benar untuk mencerminkan keseriusan dan profesionalisme.

2. Gunakan Kata Ganti Pribadi
Ketika menulis surat lamaran kerja CV tulis tangan, gunakan kata ganti pribadi seperti “saya” dan “kami” agar terdengar lebih manusiawi. Hal ini akan memberikan kesan bahwa surat ini ditulis secara khusus untuk perusahaan yang dituju dan menunjukkan rasa keinginan yang kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Tetap Sederhana
Meskipun ingin terlihat unik, tetaplah sederhana dalam penulisan surat lamaran kerja CV tulis tangan. Gunakan kalimat yang mudah dimengerti dan hindari penggunaan kata-kata yang rumit atau jargon industri yang terlalu teknis. Pastikan bahwa surat lamaran kerja Anda tidak terlalu membingungkan atau terlalu sulit dipahami oleh pembaca.

4. Libatkan Pembaca
Jadikan surat lamaran kerja CV tulis tangan Anda lebih menarik dengan melibatkan pembaca. Sampaikan cerita atau pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda adalah kandidat yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.

5. Gunakan Suara Aktif
Dalam menulis surat lamaran kerja CV tulis tangan, gunakan suara aktif untuk menggambarkan tindakan yang telah Anda lakukan. Misalnya, “Saya telah berhasil mengkoordinasikan proyek besar dengan tim yang terdiri dari 10 orang” daripada “Proyek besar berhasil dikordinasikan oleh saya dengan tim yang terdiri dari 10 orang.” Hal ini akan menunjukkan keaktifan Anda dalam melakukan pekerjaan dan dapat menarik perhatian pembaca.

6. Tetap Singkat
Surat lamaran kerja CV tulis tangan sebaiknya tidak terlalu panjang. Usahakan untuk menyampaikan informasi yang penting secara singkat dan padat. Hindari pengulangan dan berfokus pada keunggulan dan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

7. Gunakan Pertanyaan Retoris
Untuk mempertahankan minat pembaca, gunakan pertanyaan retoris dalam surat lamaran kerja CV tulis tangan Anda. Misalnya, “Apakah perusahaan Anda membutuhkan seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan mampu bekerja dalam tim?” Pertanyaan ini dapat menggugah pembaca untuk berpikir dan merenung, serta meningkatkan minat mereka terhadap surat lamaran Anda.

Gabungkan Analogi dan Metafora
Untuk membuat surat lamaran kerja CV tulis tangan Anda lebih menarik, gabungkan analogi dan metafora. Misalnya, “Saya adalah roda gigi yang tepat untuk menggerakkan mesin perusahaan Anda menuju kesuksesan.” Hal ini akan memberikan gambaran visual yang kuat dan memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan surat lamaran kerja CV tulis tangan Anda akan terlihat lebih manusiawi dan menarik bagi pihak perusahaan. Ingatlah untuk selalu menyisipkan kata kunci “Contoh Surat Lamaran Kerja CV Tulis Tangan” di setiap paragraf yang Anda buat agar surat lamaran Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh sistem pencarian perusahaan. Selamat mencoba!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .