Contoh Surat Melamar Pekerjaan

GAJIUMR.COM – Contoh Surat Melamar Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan

Contoh Surat Melamar Pekerjaan

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang harus disiapkan ketika seseorang ingin melamar pekerjaan. Surat ini berfungsi untuk memperkenalkan diri, menyampaikan minat dan kemampuan yang dimiliki, serta mengajukan permohonan untuk bergabung dengan perusahaan yang dituju. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh surat melamar pekerjaan dan bagaimana cara membuatnya dengan baik dan benar.

1. Heading H3

Pada bagian ini, kita akan membahas bagaimana cara menulis bagian pengenalan diri dalam surat lamaran kerja. Bagian ini biasanya berisi informasi pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, dan surel. Selain itu, juga disarankan untuk mencantumkan informasi mengenai pendidikan terakhir, pengalaman kerja, dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

1.1 Heading H4

Contoh:
Nama: John Doe
Alamat: Jalan Raya No. 123, Jakarta
Telepon: 081234567890
Surel: [email protected]
Pendidikan Terakhir: Sarjana Sains Komputer, Universitas XYZ
Pengalaman Kerja: 2 tahun sebagai programmer di perusahaan ABC
Keahlian: Bahasa pemrograman C++, HTML, CSS, JavaScript

2. Heading H3

Pada bagian ini, kita akan membahas bagaimana cara menulis paragraf motivasi dalam surat lamaran kerja. Paragraf ini adalah kesempatan untuk menyampaikan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar dan bagaimana Anda dapat berkontribusi untuk perusahaan tersebut. Pastikan untuk menyoroti keahlian dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

2.1 Heading H4

Contoh:
Saya tertarik dengan posisi ini karena saya memiliki minat yang besar dalam pengembangan aplikasi mobile. Selama 2 tahun bekerja sebagai programmer di perusahaan ABC, saya telah mengembangkan aplikasi mobile yang sukses dan mendapatkan pengakuan dari pengguna. Saya yakin pengalaman dan keahlian saya dalam bahasa pemrograman C++, HTML, CSS, dan JavaScript dapat membantu perusahaan ini mencapai kesuksesan lebih lanjut dalam pengembangan aplikasi mobile.

3. Heading H3

Pada bagian ini, kita akan membahas bagaimana cara menulis paragraf penutup dalam surat lamaran kerja. Paragraf ini berfungsi untuk mengajukan permohonan agar perusahaan tersebut mempertimbangkan lamaran kita dan mengundang untuk mengikuti tahap seleksi lebih lanjut. Jangan lupa untuk menyertakan informasi kontak yang dapat dihubungi untuk memudahkan perusahaan menghubungi Anda.

3.1 Heading H4

Contoh:
Saya berharap perusahaan ini dapat mempertimbangkan lamaran saya dan memberikan kesempatan bagi saya untuk bergabung dengan tim yang hebat ini. Saya siap untuk menghadiri tahap seleksi lebih lanjut dan menjelaskan lebih detail mengenai pengalaman dan keahlian yang saya miliki. Untuk informasi lebih lanjut, saya dapat dihubungi melalui telepon di nomor 081234567890 atau surel di [email protected]. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan ini.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Demikian contoh surat melamar pekerjaan yang dapat dijadikan referensi dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Pastikan untuk menyesuaikan surat lamaran dengan posisi yang dilamar dan perusahaan yang dituju. Selain itu, perhatikan tata bahasa dan penulisan yang baik dan benar. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan!

Tips Contoh Surat Melamar Pekerjaan Yang Baik

7 Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik

Saat ini, persaingan dunia kerja semakin ketat. Untuk dapat bersaing dengan baik, kita perlu memiliki surat lamaran pekerjaan yang menarik dan mampu memikat hati para perekrut. Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang efektif dan memikat hati, dengan tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Gunakan nada formal dalam surat lamaran Anda. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau informal. Pastikan kata-kata yang Anda gunakan tetap sopan dan menghormati pembaca.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan: “Saya yang bertanda tangan di bawah ini, dengan hormat mengajukan permohonan untuk diterima sebagai kandidat pekerjaan di perusahaan yang terhormat.”

2. Gunakan kata ganti pribadi seperti “saya” dan “kami” untuk memberikan kesan personal dan menunjukkan rasa tanggung jawab atas isi surat lamaran.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan: “Saya memiliki pengalaman kerja yang relevan dan keyakinan kuat bahwa kemampuan saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan Anda.”

3. Tetap sederhana dalam menyampaikan isi surat lamaran. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit atau berbelit-belit. Jelaskan dengan jelas tujuan Anda dalam melamar pekerjaan dan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan: “Saya melamar pekerjaan ini karena saya sangat tertarik dengan visi dan misi perusahaan Anda yang sejalan dengan minat dan keahlian saya.”

4. Libatkan pembaca dalam surat lamaran Anda dengan menyebutkan pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut. Berikan alasan yang meyakinkan mengapa Anda cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan: “Saya telah melakukan penelitian mendalam tentang perusahaan Anda dan sangat terkesan dengan reputasi yang dimiliki perusahaan dalam industri ini. Saya percaya bahwa dengan bakat dan keterampilan yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan Anda.”

5. Gunakan suara aktif dalam surat lamaran Anda. Hindari penggunaan suara pasif yang dapat membuat surat lamaran terkesan datar dan kurang menarik.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan: “Saya telah berhasil mengembangkan strategi pemasaran yang inovatif dan berhasil meningkatkan pangsa pasar perusahaan sebesar 20% dalam waktu 6 bulan.”

6. Tetap singkat dan padat dalam menyampaikan informasi. Pilihlah kata-kata yang tepat dan langsung to the point agar surat lamaran Anda mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan: “Saya memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun di industri ini dan telah berhasil mencapai target penjualan bulanan yang ditetapkan oleh perusahaan.”

7. Gunakan pertanyaan retoris untuk memancing minat pembaca dan membuat surat lamaran Anda lebih menarik. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa Anda memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap perusahaan tersebut.

Contoh Surat Melamar Pekerjaan: “Apakah perusahaan Anda sedang mencari seseorang yang memiliki kemampuan analitis yang kuat? Saya yakin bahwa dengan latar belakang pendidikan saya dan pengalaman kerja yang relevan, saya dapat menjadi kandidat yang ideal untuk posisi tersebut.”

Dalam menyusun surat lamaran pekerjaan yang menarik, Anda juga dapat menggabungkan analogi dan metafora yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini dapat membuat surat lamaran Anda lebih berkesan dan mudah diingat oleh pembaca.

Dengan mengikuti tips di atas, semoga Anda dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang efektif dan memikat hati para perekrut. Jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci “Contoh Surat Melamar Pekerjaan” di setiap paragraf yang Anda buat, agar surat lamaran Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh para perekrut. Semoga sukses dalam melamar pekerjaan yang Anda inginkan!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .