Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja

GAJIUMR.COM – Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja

Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja

Ketika mencari pekerjaan, salah satu dokumen yang paling penting adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah cara Anda untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan dan menjelaskan mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda inginkan. Salah satu jenis surat lamaran yang umum digunakan adalah surat lamaran tangan.

Kenapa Surat Lamaran Tangan Masih Penting?

Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang cenderung menggunakan surat lamaran elektronik atau email. Namun, surat lamaran tangan masih memiliki kelebihan tersendiri. Surat lamaran tangan memberikan kesan personal dan menunjukkan bahwa Anda telah mengambil waktu dan usaha ekstra untuk melamar pekerjaan tersebut. Selain itu, surat lamaran tangan juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan keterampilan menulis tangan dan kekreatifan Anda.

Bagaimana Menulis Surat Lamaran Tangan yang Baik?

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menulis surat lamaran tangan:

1. Gunakan Kertas yang Baik

Gunakan kertas yang berkualitas baik dan bersih untuk menulis surat lamaran Anda. Hindari kertas yang terlalu tipis atau terlalu kasar. Pilih kertas putih atau krem dengan ukuran standar.

2. Tulis dengan Rapi

Pastikan tulisan Anda rapi dan mudah dibaca. Gunakan pena atau pulpen dengan tinta yang tidak mudah pudar atau luntur. Hindari menggunakan pensil karena tulisan dengan pensil dapat terhapus atau menjadi pudar seiring waktu.

3. Gunakan Bahasa yang Formal

Ketika menulis surat lamaran tangan, pastikan menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Hindari penggunaan bahasa slang atau kata-kata yang terlalu informal. Jaga juga tata bahasa dan ejaan yang baik dan benar.

4. Sertakan Informasi yang Relevan

Pada surat lamaran, sertakan informasi yang relevan seperti posisi yang Anda lamar, pengalaman kerja terkait, pendidikan, dan keterampilan yang Anda miliki. Jelaskan juga mengapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut dan apa yang membuat Anda cocok untuk posisi tersebut.

5. Singkat dan Padat

Usahakan agar surat lamaran Anda singkat dan padat. Jangan terlalu panjang karena pewawancara mungkin tidak memiliki waktu untuk membaca surat yang terlalu panjang. Fokus pada poin-poin penting dan hindari pengulangan yang tidak perlu.

6. Periksa Ulang dan Koreksi

Sebelum mengirim surat lamaran, pastikan untuk memeriksa ulang dan mengoreksi kesalahan yang mungkin ada. Periksa tata bahasa, ejaan, dan kesalahan penulisan lainnya. Anda juga dapat meminta bantuan orang lain untuk memeriksa surat lamaran Anda agar tidak ada kesalahan yang terlewat.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan dapat menulis surat lamaran tangan yang baik dan memikat perhatian pewawancara. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan surat lamaran Anda dengan posisi yang Anda lamar dan perusahaan yang Anda tuju.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja adalah hal yang penting untuk dipahami oleh setiap pelamar pekerjaan. Meskipun teknologi telah mengubah cara kita berkomunikasi, namun surat lamaran kerja yang ditulis tangan masih menjadi salah satu cara yang efektif untuk menunjukkan dedikasi dan ketekunan seorang pelamar. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 7 tips yang dapat membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja yang menarik dan efektif.

Tip pertama adalah menggunakan bahasa formal. Ketika menulis surat lamaran kerja, penting untuk menggunakan bahasa yang formal dan sopan. Hindari penggunaan kata-kata slang atau kata-kata kasual yang tidak pantas dalam konteks profesional. Pastikan setiap kata yang Anda tulis terdengar resmi dan terstruktur dengan baik. Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan berkomunikasi Anda dengan baik.

Tip kedua adalah menggunakan kata ganti pribadi. Ketika menulis surat lamaran kerja, penting untuk menggunakan kata ganti pribadi seperti “saya” dan “kami” untuk menyampaikan pesan secara langsung. Misalnya, bukan “Pelamaran ini akan saya kirimkan”, tetapi “Saya akan mengirimkan pelamaran ini”. Dengan menggunakan kata ganti pribadi, Anda dapat menunjukkan rasa tanggung jawab dan keterlibatan Anda dalam proses lamaran.

Tip ketiga adalah tetap sederhana. Meskipun Anda ingin menunjukkan keahlian dan prestasi Anda dalam surat lamaran kerja, jangan terlalu berlebihan dengan penggunaan kata-kata atau frasa yang rumit. Gunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami agar pembaca tidak kesulitan memahami isi surat. Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja yang sederhana dan mudah dimengerti akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan perhatian dari pihak perusahaan.

Tip keempat adalah libatkan pembaca. Dalam surat lamaran kerja, penting untuk membuat pembaca merasa terlibat dalam isi surat. Gunakan kalimat-kalimat yang mengajak pembaca untuk berpikir atau merespon. Misalnya, “Apakah Anda mencari karyawan yang berdedikasi dan memiliki semangat kerja tinggi? Jika ya, maka saya siap untuk bergabung dengan tim Anda.” Dengan membuat pembaca merasa terlibat, Anda dapat menarik perhatian mereka dan meningkatkan kemungkinan Anda untuk dipertimbangkan sebagai kandidat potensial.

Tip kelima adalah menggunakan suara aktif. Dalam surat lamaran kerja, gunakan suara aktif untuk menunjukkan tindakan dan inisiatif yang Anda ambil. Misalnya, bukan “Pengalaman saya telah diperoleh dengan bekerja di beberapa perusahaan terkemuka”, tetapi “Saya telah mengembangkan pengalaman berharga melalui bekerja di beberapa perusahaan terkemuka”. Dengan menggunakan suara aktif, Anda dapat menunjukkan keaktifan dan antusiasme dalam pencarian pekerjaan Anda.

Tip keenam adalah tetap singkat. Surat lamaran kerja sebaiknya tidak terlalu panjang. Usahakan untuk menulis surat dengan kata-kata yang tepat dan langsung ke inti. Hindari pengulangan informasi yang sudah tercantum dalam CV Anda. Tuliskan hanya informasi yang relevan dan penting untuk dibaca oleh pihak perusahaan. Surat lamaran kerja yang singkat akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membacanya secara keseluruhan.

Tip ketujuh adalah menggunakan pertanyaan retoris. Pertanyaan retoris dapat digunakan untuk mempengaruhi pembaca dan membuat mereka berpikir tentang pertanyaan yang diajukan. Misalnya, “Apakah Anda mencari seseorang yang memiliki kepemimpinan yang kuat dan kemampuan dalam menghadapi tantangan? Jika ya, maka saya yakin dapat menjadi kandidat yang tepat untuk posisi ini.” Dengan menggunakan pertanyaan retoris, Anda dapat membuat pembaca tertarik untuk melanjutkan membaca surat lamaran Anda.

Terakhir, cobalah untuk menggabungkan analogi dan metafora dalam surat lamaran kerja Anda. Analogi dan metafora dapat membantu Anda dalam menggambarkan kualitas atau keahlian yang Anda miliki dengan cara yang lebih menarik dan kreatif. Misalnya, “Saya adalah pelayar yang handal di lautan bisnis, siap untuk menjelajahi perusahaan Anda menuju arah yang lebih baik.” Dengan menggunakan analogi dan metafora, Anda dapat membuat surat lamaran kerja Anda lebih berkesan dan membedakan diri dari pelamar lainnya.

Dengan mengikuti 7 tips di atas, Anda dapat menulis surat lamaran kerja yang menarik dan efektif. Pastikan untuk menyisipkan kata kunci “Contoh Tulis Tangan Surat Lamaran Kerja” di setiap paragraf yang Anda buat agar artikel ini dapat ditemukan oleh pembaca yang mencari informasi tentang topik tersebut. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dalam proses pencarian pekerjaan.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .