Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan

GAJIUMR.COM – Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan

Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan

Daftar Riwayat Hidup (CV) atau yang biasa disebut juga sebagai Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi informasi tentang data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan seseorang yang digunakan sebagai syarat dalam melamar pekerjaan. CV merupakan salah satu elemen penting dalam proses seleksi pekerjaan, karena dari CV inilah perusahaan dapat mengetahui profil dan kualifikasi calon karyawan.

1. Struktur Dasar CV

Sebelum kita mulai menulis CV, kita perlu mengenal struktur dasar yang harus ada dalam CV. Struktur dasar CV terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

a. Data Diri

Pada bagian ini, tuliskan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi. Pastikan informasi yang dituliskan benar dan mudah dihubungi.

b. Pendidikan

Berikutnya, tuliskan riwayat pendidikan mulai dari pendidikan terakhir yang telah kamu tempuh. Cantumkan nama institusi, jurusan, tahun lulus, dan IPK jika relevan.

c. Pengalaman Kerja

Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tuliskan pengalaman kerja yang pernah kamu jalani. Cantumkan nama perusahaan, jabatan, periode kerja, dan tanggung jawab yang diemban.

d. Keterampilan

Tuliskan keterampilan yang kamu miliki, baik keterampilan teknis maupun non-teknis. Misalnya, keterampilan komputer, bahasa asing, kepemimpinan, dll.

e. Informasi Tambahan

Jika kamu memiliki informasi tambahan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, tuliskan informasi tersebut di bagian ini. Misalnya, sertifikat pelatihan, penghargaan, atau kegiatan organisasi.

2. Tips Menulis CV yang Menarik

Untuk membuat CV yang menarik dan profesional, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti:

a. Buat Desain yang Rapi dan Bersih

Pastikan CVmu memiliki desain yang rapi dan bersih. Gunakan font yang mudah dibaca dan hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok.

b. Pilih Kata-Kata yang Tepat

Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas dalam menuliskan pengalaman dan keterampilanmu. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau terlalu teknis.

c. Singkat dan Padat

Usahakan CVmu singkat dan padat, tidak lebih dari dua halaman. Pilih informasi yang relevan dan berikan poin-poin penting dengan jelas.

d. Perhatikan Tenses

Perhatikan penggunaan tenses dalam CVmu. Gunakan tenses yang tepat sesuai dengan waktu kejadian.

3. Contoh CV yang Baik

Berikut adalah contoh CV yang baik dan dapat menjadi referensi dalam membuat CVmu:

a. Data Diri

Nama: John Doe
Alamat: Jl. Contoh No. 123, Jakarta
Telepon: 081234567890
Email: [email protected]

b. Pendidikan

– S1 Teknik Informatika, Universitas ABC, 2010-2014
– SMA XYZ, 2007-2010

c. Pengalaman Kerja

– PT ABC, Staff IT, 2015-2017
Tanggung Jawab: Mengelola jaringan komputer dan sistem informasi perusahaan.

d. Keterampilan

– Bahasa Inggris (Pemula)
– Microsoft Office (Mahir)
– Kepemimpinan (Mahir)

e. Informasi Tambahan

– Sertifikat Pelatihan Manajemen Proyek, 2016
– Penghargaan Karyawan Terbaik PT ABC, 2017

Dengan mengikuti tips dan contoh di atas, kamu dapat membuat CV yang menarik dan profesional. Ingat, CV adalah gambaran pertama yang dilihat oleh perusahaan, jadi pastikan CVmu dapat memikat perhatian mereka.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan Yang Baik

Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam proses mencari pekerjaan. Dalam daftar ini, kamu perlu menjelaskan secara detail tentang pengalaman, pendidikan, dan keterampilan yang dimiliki. Namun, menulis daftar riwayat hidup tidak semudah yang dibayangkan. Berikut adalah 7 tips yang dapat membantu kamu dalam menyusun daftar riwayat hidup lamaran pekerjaan yang efektif.

Pertama, gunakanlah nada formal dalam penulisan daftar riwayat hidup kamu. Hal ini memperlihatkan profesionalisme dan keseriusan kamu dalam mencari pekerjaan. Pastikan setiap kalimat yang kamu tulis terdengar formal dan teratur.

Kedua, gunakanlah kata ganti pribadi dalam penulisan daftar riwayat hidup kamu. Sebagai contoh, gunakan kata “saya” atau “kami” untuk menggambarkan pengalaman dan prestasi yang kamu miliki. Hal ini membuat daftar riwayat hidup terasa lebih personal dan memberikan kesan bahwa kamu benar-benar terlibat dalam setiap pengalaman tersebut.

Ketiga, tetaplah sederhana dalam penulisan daftar riwayat hidup. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit atau jargon yang hanya dimengerti oleh kalangan tertentu. Pilihlah kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca agar pesan yang ingin kamu sampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

Keempat, libatkan pembaca dalam daftar riwayat hidup kamu. Berikan informasi yang relevan dan menarik perhatian pembaca. Jelaskan secara singkat dan jelas tentang pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tunjukkan kepada pembaca mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Kelima, gunakan suara aktif dalam penulisan daftar riwayat hidup. Sebagai contoh, bukan “Pengalaman kerja saya telah diperoleh ketika saya bekerja di perusahaan X”, tetapi “Saya memperoleh pengalaman kerja yang berharga ketika bekerja di perusahaan X”. Dengan menggunakan suara aktif, kamu dapat memberikan kesan bahwa kamu memiliki inisiatif dan proaktif dalam menjalani pengalaman kerja.

Keenam, tetaplah singkat dalam penulisan daftar riwayat hidup. Hindari penggunaan kalimat yang berbelit-belit atau penjelasan yang terlalu panjang. Pilihlah kata-kata yang tepat dan ringkas agar pembaca dapat dengan mudah memahami informasi yang ingin kamu sampaikan.

Ketujuh, gunakan pertanyaan retoris untuk memikat pembaca. Misalnya, “Apakah kamu mencari kandidat yang memiliki pengalaman dalam manajemen proyek?” atau “Apakah kamu membutuhkan seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik?”. Dengan menggunakan pertanyaan retoris, kamu dapat mengajak pembaca untuk memikirkan kualifikasi yang mereka cari dan mengarahkan mereka untuk mempertimbangkan kecocokan kamu.

Terakhir, cobalah untuk menggabungkan analogi dan metafora dalam penulisan daftar riwayat hidup kamu. Misalnya, “Saya adalah batu loncatan yang dapat membantu perusahaan mencapai kesuksesan” atau “Pengalaman saya adalah tali yang mengikat setiap aspek pekerjaan dengan baik”. Dengan menggunakan analogi dan metafora, kamu dapat memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan.

Dalam kesimpulan, menyusun daftar riwayat hidup lamaran pekerjaan membutuhkan strategi yang tepat agar dapat memikat perhatian pembaca. Dengan menggunakan tips seperti gunakan nada formal, kata ganti pribadi, tetap sederhana, libatkan pembaca, gunakan suara aktif, tetap singkat, gunakan pertanyaan retoris, dan gabungkan analogi dan metafora, diharapkan kamu dapat membuat daftar riwayat hidup yang menonjol dan meningkatkan peluang kamu dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .