Membuat Lamaran Kerja Online

GAJIUMR.COM – Membuat Lamaran Kerja Online bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Membuat Lamaran Kerja Online

Membuat Lamaran Kerja Online

Membuat lamaran kerja online saat ini telah menjadi kebutuhan penting bagi para pencari kerja. Dengan kemajuan teknologi dan popularitas internet, proses melamar pekerjaan telah berubah secara signifikan. Artikel ini akan membahas langkah-langkah untuk membuat lamaran kerja secara online, serta beberapa tips untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

1. Persiapan Sebelum Membuat Lamaran Kerja Online

Sebelum mulai membuat lamaran kerja online, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen penting seperti CV, surat pengantar, dan portofolio yang siap untuk diunggah. Selain itu, periksa juga apakah Anda memiliki akun email yang masih aktif dan profesional.

2. Mencari Lowongan Pekerjaan Online

Setelah persiapan dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencari lowongan pekerjaan online. Ada berbagai platform atau situs web yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Anda dapat mengunjungi situs web perusahaan, situs web khusus pencarian pekerjaan, atau menggunakan platform media sosial.

Contoh:

Jika Anda mencari posisi sebagai desainer grafis, Anda dapat mengunjungi situs web seperti Behance, Dribbble, atau LinkedIn untuk mencari lowongan pekerjaan yang relevan.

3. Menyesuaikan Lamaran Kerja dengan Persyaratan Pekerjaan

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai, penting untuk menyesuaikan lamaran kerja Anda dengan persyaratan pekerjaan. Bacalah dengan teliti deskripsi pekerjaan yang diberikan dan perhatikan kualifikasi yang dibutuhkan. Tulis lamaran kerja Anda dengan fokus pada keterampilan dan pengalaman yang sesuai dengan persyaratan tersebut.

4. Mengisi Formulir Online

Banyak perusahaan menggunakan formulir online sebagai cara untuk menerima lamaran kerja. Pastikan Anda mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan akurat. Berikan informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan secara rinci. Jika ada pertanyaan essay, gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan keahlian dan minat Anda terhadap posisi yang dilamar.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

5. Mengunggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi formulir online, Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen pendukung seperti CV, surat pengantar, dan portofolio. Pastikan dokumen-dokumen tersebut telah disimpan dalam format yang sesuai, seperti PDF atau Word. Periksa kembali dokumen-dokumen tersebut sebelum diunggah untuk memastikan tidak ada kesalahan atau informasi yang terlewat.

6. Memperbarui Profil LinkedIn dan Media Sosial

Banyak perusahaan melihat profil LinkedIn dan media sosial calon karyawan mereka. Pastikan profil LinkedIn dan media sosial Anda terlihat profesional dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Sertakan pengalaman kerja, keterampilan, dan prestasi yang relevan. Jaga juga privasi dan kebersihan konten yang Anda bagikan di media sosial.

7. Mengirimkan Lamaran Kerja dan Menunggu Tanggapan

Setelah semua dokumen dan formulir telah diisi, saatnya mengirimkan lamaran kerja online Anda. Periksa kembali apakah semua informasi yang Anda berikan sudah benar dan tidak ada kesalahan penulisan. Setelah mengirimkan lamaran, bersabarlah dan tunggu tanggapan dari perusahaan. Jika Anda tidak mendapatkan tanggapan dalam waktu yang ditentukan, Anda dapat mengikuti upaya tindak lanjut dengan menghubungi perusahaan atau melakukan tindakan lain yang dianggap perlu.

8. Memperbarui Lamaran Kerja Secara Berkala

Penting untuk memperbarui lamaran kerja secara berkala, terutama jika Anda belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Perbarui CV, surat pengantar, dan portofolio Anda dengan pengalaman dan keterampilan terbaru. Jangan ragu untuk mencari peluang baru dan mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan lain yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Anda.

9. Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi Tambahan

Untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan, pertimbangkan untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi tambahan. Pelatihan dan sertifikasi ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan yang dapat membedakan Anda dari pelamar lain. Selain itu, ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kompetensi Anda dalam bidang yang Anda minati.

10. Menjaga Semangat dan Berlatih Keterampilan Wawancara

Terakhir, penting untuk tetap menjaga semangat dan terus berlatih keterampilan wawancara. Mendapatkan pekerjaan tidak selalu mudah, tetapi jangan menyerah. Tingkatkan keterampilan wawancara Anda dengan berlatih di depan cermin atau dengan bantuan teman. Persiapkan pertanyaan umum yang mungkin ditanyakan dalam wawancara dan siapkan juga jawaban yang baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan melakukan persiapan yang baik, Anda dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ingatlah untuk selalu mengirimkan lamaran kerja secara profesional dan tunggu kesempatan yang tepat untuk datang. Semoga berhasil!

Tips Membuat Lamaran Kerja Online Yang Baik

Membuat Lamaran Kerja Online yang Efektif dan Menarik

Dalam era digital seperti sekarang ini, melamar pekerjaan secara online menjadi salah satu pilihan yang umum dilakukan oleh para pencari kerja. Proses melamar pekerjaan secara online memerlukan ketelitian dan kejelian agar dapat menarik perhatian perekrut. Berikut ini adalah 7 tips untuk membuat lamaran kerja online yang efektif dan menarik, sehingga dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

1. Gunakan Nada Formal
Saat menulis lamaran kerja online, penting untuk menggunakan nada formal. Pilih kata-kata yang sopan dan menghormati pembaca. Selain itu, hindari penggunaan singkatan atau bahasa yang terlalu santai. Dengan menggunakan nada formal, Anda akan memberikan kesan profesionalisme yang diharapkan oleh perekrut.

2. Gunakan Kata Ganti Pribadi
Salah satu cara untuk membuat lamaran kerja online terlihat seperti ditulis oleh manusia adalah dengan menggunakan kata ganti pribadi. Sebagai contoh, gantilah kata “saya” dengan nama Anda sendiri. Hal ini akan memberikan kesan personal dan menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan posisi yang dilamar.

3. Tetap Sederhana
Meskipun Anda ingin menunjukkan kemampuan menulis yang baik, tetaplah sederhana dalam penulisan lamaran kerja online. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu rumit atau berbelit-belit. Gunakan kalimat yang langsung, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca. Hal ini akan memudahkan perekrut dalam memahami maksud dan tujuan Anda melamar pekerjaan.

4. Libatkan Pembaca
Agar lamaran kerja online Anda lebih menarik, libatkan pembaca dalam tulisan Anda. Gunakan kalimat yang meminta pendapat atau saran dari pembaca. Misalnya, Anda dapat menanyakan “Bagaimana menurut Anda pengalaman saya dapat mendukung perusahaan ini?” atau “Apa saran Anda untuk meningkatkan kemampuan saya dalam bidang ini?”. Dengan melibatkan pembaca, Anda akan menciptakan interaksi yang lebih personal dan menunjukkan minat yang lebih dalam terhadap perusahaan.

5. Gunakan Suara Aktif
Dalam penulisan lamaran kerja online, gunakanlah suara aktif. Hindari penggunaan kalimat pasif yang dapat membuat lamaran terkesan datar dan tidak meyakinkan. Contohnya, gantilah kalimat “Saya telah melaksanakan tugas sebagai project manager” dengan “Saya mengelola proyek dengan sukses sebagai project manager”. Dengan menggunakan suara aktif, Anda akan memberikan kesan bahwa Anda memiliki keaktifan dan inisiatif dalam bekerja.

6. Tetap Singkat
Lamaran kerja online sebaiknya tidak terlalu panjang. Usahakan untuk menyampaikan informasi penting dan relevan secara singkat dan padat. Jangan membuat perekrut kesulitan dalam mencari informasi yang mereka butuhkan. Jika terlalu panjang, lamaran Anda mungkin akan terabaikan atau tidak dibaca dengan seksama.

7. Gunakan Pertanyaan Retoris
Untuk membuat lamaran kerja online lebih menarik, Anda dapat menggunakan pertanyaan retoris. Pertanyaan ini bisa memicu perhatian pembaca dan memancing mereka untuk berpikir lebih dalam. Sebagai contoh, Anda dapat menulis “Apakah perusahaan ini siap menerima kontribusi saya yang berharga?” atau “Bagaimana saya dapat membantu perusahaan mencapai tujuan yang lebih besar?”. Dengan menggunakan pertanyaan retoris, Anda akan mengundang pembaca untuk terlibat dalam proses pemikiran dan refleksi.

Selain itu, penting juga untuk mengingatkan bahwa meskipun Anda ingin membuat lamaran kerja online terlihat menarik, tetaplah fokus pada substansi dan relevansi informasi yang disampaikan. Jangan mengorbankan isi lamaran hanya untuk membuatnya terlihat kreatif. Semoga dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat lamaran kerja online yang efektif dan memperoleh kesempatan untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya. Selamat mencoba!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .