Penulisan Lamaran Kerja

GAJIUMR.COM – Penulisan Lamaran Kerja bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Penulisan Lamaran Kerja

Penulisan Lamaran Kerja

Penulisan lamaran kerja merupakan langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan. Lamaran kerja berfungsi sebagai pengantar diri yang memberikan informasi tentang diri kita kepada perusahaan yang kita lamar. Dalam penulisan lamaran kerja, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lamaran kita dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Berikut ini adalah tips dan panduan dalam penulisan lamaran kerja yang baik dan benar.

Menggunakan Format yang Tepat

Format lamaran kerja yang benar sangat penting agar lamaran kita terlihat profesional dan rapi. Format yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

1. Nama dan alamat lengkap pengirim lamaran.

2. Nama perusahaan yang dituju dan alamat perusahaan.

3. Tanggal penulisan lamaran.

4. Salam pembuka yang sopan.

5. Paragraf pengantar yang menjelaskan tujuan dan minat kita dalam melamar pekerjaan.

6. Paragraf penjelasan mengenai pengalaman kerja dan pendidikan kita yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

7. Penutup yang menyatakan harapan kita untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut.

8. Tanda tangan dan nama pengirim lamaran.

Menulis dengan Bahasa yang Baik dan Benar

Pemilihan kata-kata yang baik dan benar sangat penting dalam penulisan lamaran kerja. Hindari penggunaan kata-kata yang informal atau slang. Gunakan bahasa yang profesional dan sopan agar lamaran kita terlihat serius.

Menonjolkan Kelebihan dan Pengalaman Kerja

Pada paragraf penjelasan mengenai pengalaman kerja, kita perlu menonjolkan kelebihan dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jelaskan dengan singkat dan jelas mengenai apa yang telah kita capai dan kontribusikan dalam pekerjaan sebelumnya.

Menyesuaikan Lamaran dengan Perusahaan yang Dilamar

Setiap perusahaan memiliki budaya dan nilai-nilai yang berbeda. Selalu lakukan penyesuaian pada lamaran kerja kita agar sesuai dengan perusahaan yang kita lamar. Baca profil perusahaan dan cari tahu mengenai nilai-nilai perusahaan tersebut. Kemudian sampaikan dalam lamaran kita mengapa kita tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Menjaga Kebersihan dan Kerapihan Lamaran

Pastikan lamaran kerja kita terlihat rapi dan bersih. Hindari penulisan lamaran dengan tangan atau menggunakan kertas yang kusut. Gunakan kertas yang berkualitas dan tulis dengan rapi menggunakan tinta yang jelas terbaca.

Mengirim Lamaran Melalui Email atau Pos

Pilih metode pengiriman lamaran yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Jika perusahaan menerima lamaran melalui email, pastikan subjek email kita mencantumkan posisi yang dilamar dan nama lengkap kita. Jika mengirim lamaran melalui pos, pastikan alamat pengirim dan alamat perusahaan ditulis dengan jelas.

Menyertakan CV dan Dokumen Pendukung Lainnya

Selain lamaran kerja, biasanya perusahaan juga meminta CV dan dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat pendidikan atau sertifikat pelatihan. Pastikan semua dokumen pendukung tersebut telah disiapkan dengan baik dan terlampir dengan lamaran.

Menyiapkan Lamaran dalam Bentuk Digital

Di era digital seperti sekarang ini, perusahaan seringkali meminta lamaran kerja dalam bentuk digital. Sebelum mengirim lamaran, pastikan file lamaran kita dalam format yang sesuai seperti PDF atau Word.

Mengikuti Instruksi yang Diberikan

Sebelum mengirim lamaran, pastikan kita membaca dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh perusahaan. Perhatikan batas waktu pengiriman lamaran dan cara pengiriman yang diminta.

Mengecek Ulang Lamaran

Sebelum mengirim lamaran, pastikan untuk selalu mengecek ulang lamaran kita. Periksa tata bahasa, ejaan, dan format lamaran agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Demikianlah tips dan panduan dalam penulisan lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan mengikuti tips ini, diharapkan lamaran kita dapat menarik perhatian pihak perusahaan dan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selamat mencoba!

Tips Penulisan Lamaran Kerja Yang Baik

Penulisan Lamaran Kerja adalah langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan. Dalam menghasilkan lamaran yang efektif, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh tips penulisan lamaran kerja yang dapat membantu Anda mendapatkan perhatian dari perekrut. Mari kita bahas satu per satu.

Pertama, gunakanlah gaya penulisan yang formal dalam lamaran kerja Anda. Hindari penggunaan bahasa sehari-hari atau slang yang terlalu santai. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan kata “saya” sebagai kata ganti yang lebih tepat daripada menggunakan “aku” atau “gue”. Ini memberikan kesan profesional dan serius dalam penulisan Anda.

Kedua, tetap sederhana dalam penyampaian informasi. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu rumit atau berbelit-belit. Gunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan cara ini, perekrut akan lebih mudah memahami maksud dan kualifikasi Anda.

Ketiga, libatkan pembaca dalam lamaran kerja Anda. Gunakan contoh konkret atau cerita yang relevan untuk membuat lamaran Anda lebih menarik. Misalnya, Anda dapat menggambarkan pengalaman atau proyek sebelumnya yang mendemonstrasikan kemampuan Anda. Hal ini akan membuat lamaran Anda lebih hidup dan memikat hati perekrut.

Keempat, gunakan suara aktif dalam penulisan lamaran kerja. Fokuskan pada tindakan yang telah Anda lakukan dan pencapaian yang telah Anda capai. Contohnya, “Saya memimpin tim dalam menyelesaikan proyek dengan sukses” lebih baik daripada “Proyek tersebut berhasil diselesaikan oleh tim yang saya pimpin.”

Kelima, tetap singkat dalam penulisan lamaran kerja. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang atau terlalu banyak detail. Pilihlah kata-kata yang tepat dan langsung ke intinya. Lamaran yang terlalu panjang dapat membuat perekrut kehilangan minat dalam membacanya.

Keenam, gunakan pertanyaan retoris untuk membangkitkan minat perekrut. Misalnya, “Apakah Anda mencari seseorang yang memiliki kemampuan analitis yang kuat?” Pertanyaan semacam ini dapat membuat perekrut berpikir dan lebih tertarik untuk melanjutkan membaca lamaran Anda.

Terakhir, gabungkan analogi dan metafora untuk memberikan kesan yang kuat dalam lamaran kerja Anda. Misalnya, “Saya adalah seorang pemandu dalam perjalanan menuju kesuksesan perusahaan Anda.” Penggunaan analogi atau metafora seperti ini dapat membuat lamaran Anda lebih menarik dan berkesan.

Dalam penulisan lamaran kerja yang efektif, penting untuk menggunakan tips di atas. Dengan menggunakan gaya penulisan formal, sederhana, dan melibatkan pembaca, serta menggunakan suara aktif, singkat, pertanyaan retoris, dan analogi/metafora, lamaran kerja Anda akan lebih menonjol dan memberikan kesan yang baik kepada perekrut. Jangan lupa untuk selalu menyisipkan kata kunci “Penulisan Lamaran Kerja” di setiap paragraf yang Anda buat agar lamaran Anda lebih mudah ditemukan oleh perekrut. Selamat mencoba!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .