Riwayat Pekerjaan

GAJIUMR.COM – Riwayat Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Riwayat Pekerjaan

Riwayat Pekerjaan

Riwayat pekerjaan adalah catatan yang mencatat pengalaman kerja seseorang dari masa lalu hingga saat ini. Hal ini mencakup informasi mengenai perusahaan tempat seseorang bekerja, jabatan yang dipegang, tanggung jawab yang diemban, serta pencapaian yang telah diraih.

Pentingnya Riwayat Pekerjaan

Riwayat pekerjaan sangat penting dalam proses mencari pekerjaan baru atau meningkatkan karir. Melalui riwayat pekerjaan, perekrut atau atasan dapat melihat pengalaman dan kualifikasi seseorang. Dengan mengetahui riwayat pekerjaan seseorang, pihak yang berkepentingan dapat menilai apakah seseorang memiliki kemampuan dan pengalaman yang sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Catatan Riwayat Pekerjaan yang Baik

Untuk membuat catatan riwayat pekerjaan yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Tulis dengan jelas dan rinci: Tulis dengan jelas perusahaan tempat Anda bekerja, jabatan yang Anda pegang, serta tanggung jawab yang Anda emban. Cantumkan juga pencapaian yang telah Anda raih selama bekerja di perusahaan tersebut.
  2. Urutkan secara kronologis: Urutkan riwayat pekerjaan Anda secara kronologis, mulai dari pekerjaan yang paling baru hingga yang paling lama.
  3. Sertakan tanggal: Sertakan tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan Anda di setiap perusahaan.
  4. Tampilkan hasil yang terukur: Jika memungkinkan, sertakan data atau angka yang dapat mengukur pencapaian Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Misalnya, peningkatan penjualan atau efisiensi yang telah Anda capai.

Contoh Riwayat Pekerjaan

Berikut ini adalah contoh riwayat pekerjaan seseorang yang berfokus pada bidang pemasaran:

Perusahaan A (Januari 2018 – Sekarang)

Jabatan: Manajer Pemasaran

Tanggung Jawab:

  • Mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan.
  • Mengawasi tim pemasaran dalam merancang dan melaksanakan kampanye pemasaran.
  • Melakukan analisis pasar dan kompetitor untuk mengidentifikasi peluang bisnis baru.

Pencapaian:

  • Meningkatkan penjualan produk perusahaan sebesar 30% dalam setahun.
  • Mendapatkan penghargaan sebagai “Manajer Terbaik” pada tahun 2019.

Perusahaan B (Februari 2015 – Desember 2017)

Jabatan: Koordinator Pemasaran

Tanggung Jawab:

  • Membantu manajer pemasaran dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran.
  • Menyusun laporan hasil kampanye pemasaran dan memberikan rekomendasi perbaikan.
  • Melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Pencapaian:

  • Meningkatkan jumlah pelanggan baru sebesar 20% dalam setahun.
  • Menerima penghargaan sebagai “Karyawan Teladan” pada tahun 2016.

Riwayat pekerjaan yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru atau promosi karir. Selain itu, riwayat pekerjaan yang baik juga dapat membantu Anda dalam mempersiapkan jawaban saat diwawancarai oleh perekrut atau atasan. Jadi, pastikan untuk membuat catatan riwayat pekerjaan yang jelas, rinci, dan terstruktur.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Riwayat Pekerjaan Yang Baik

Riwayat Pekerjaan adalah salah satu hal yang sering kali menjadi fokus perhatian saat melamar pekerjaan baru. Mempresentasikan riwayat pekerjaan dengan baik dapat memberikan kesan positif kepada para perekrut. Berikut ini adalah 7 tips Riwayat Pekerjaan yang bisa Anda terapkan.

1. Gunakan Nada Formal
Pada saat menyusun riwayat pekerjaan, penting untuk menggunakan nada formal. Gunakan kalimat-kalimat yang terstruktur dengan baik dan perhatikan tata bahasa yang benar. Dengan menggunakan nada formal, Anda akan memberikan kesan profesional dan serius terhadap riwayat pekerjaan Anda.

2. Gunakan Kata Ganti Pribadi
Dalam menyusun riwayat pekerjaan, gunakan kata ganti pribadi seperti “saya” atau “kami”. Dengan menggunakan kata ganti pribadi, Anda akan memberikan kesan bahwa Anda secara aktif terlibat dalam pekerjaan tersebut dan memiliki kontribusi yang signifikan.

3. Tetap Sederhana
Meskipun penting untuk memberikan detail tentang pekerjaan sebelumnya, tetaplah sederhana dalam penyampaian informasi. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis atau rumit sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami pengalaman kerja Anda.

4. Libatkan Pembaca
Libatkan pembaca dalam cerita Anda tentang pengalaman kerja sebelumnya. Ceritakan bagaimana Anda berhasil menghadapi tantangan atau mencapai hasil yang memuaskan. Dengan melibatkan pembaca, Anda dapat membuat riwayat pekerjaan Anda lebih menarik dan berkesan.

5. Gunakan Suara Aktif
Gunakan suara aktif dalam menyusun riwayat pekerjaan. Hindari penggunaan suara pasif yang dapat membuat kalimat terkesan lambat dan kurang menarik. Dengan menggunakan suara aktif, Anda akan memberikan kesan bahwa Anda memiliki inisiatif dan proaktif dalam pekerjaan Anda.

6. Tetap Singkat
Jaga agar riwayat pekerjaan Anda tetap singkat dan padat. Pilihlah informasi yang relevan dan penting untuk disampaikan. Hindari membuat paragraf yang terlalu panjang dan membingungkan. Dengan menyajikan riwayat pekerjaan secara singkat, Anda akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membacanya.

7. Gunakan Pertanyaan Retoris
Gunakan pertanyaan retoris untuk memancing rasa ingin tahu pembaca. Misalnya, “Apakah Anda pernah berpikir bagaimana hasil kerja tim yang solid dapat mencapai target yang tinggi?” Pertanyaan ini akan membuat pembaca terlibat secara langsung dan memotivasi mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang riwayat pekerjaan Anda.

Dalam menyusun riwayat pekerjaan, Anda dapat menggunakan analogi dan metafora untuk membuatnya lebih menarik. Misalnya, “Saya adalah bintang yang bersinar dalam tim, memberikan kontribusi yang berharga dalam mencapai tujuan bersama.” Dengan menggunakan analogi dan metafora, Anda dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pengalaman kerja Anda.

Dengan menerapkan 7 tips Riwayat Pekerjaan di atas, Anda dapat menyusun riwayat pekerjaan yang menarik dan efektif. Jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci “Riwayat Pekerjaan” di setiap paragraf yang Anda buat agar artikel ini lebih relevan dengan topik yang dibahas. Selamat mencoba!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .