Sebutkan Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

GAJIUMR.COM – Sebutkan Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Sebutkan Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Bagian-bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus disertakan saat mengajukan pekerjaan. Surat ini berfungsi untuk memperkenalkan diri, menyampaikan minat dan kualifikasi yang dimiliki, serta menunjukkan keseriusan dan keprofesionalan pelamar. Dalam surat lamaran pekerjaan, terdapat beberapa bagian yang harus diisi dengan baik dan benar. Berikut adalah bagian-bagian yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan:

1. Bagian Pembuka

Bagian pembuka merupakan bagian awal dari surat lamaran pekerjaan. Pada bagian ini, pelamar harus mencantumkan informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan surel. Selain itu, pelamar juga harus menyebutkan nama perusahaan yang dituju dan posisi pekerjaan yang dilamar.

2. Salam Pembuka

Setelah bagian pembuka, pelamar harus menyampaikan salam pembuka yang sopan dan sesuai dengan aturan etiket. Contoh salam pembuka yang umum digunakan adalah “Kepada Yth., [Nama Perusahaan]” atau “Halo Tim HRD [Nama Perusahaan]”.

3. Paragraf Pertama: Pengenalan Diri

Pada paragraf pertama, pelamar harus mengenalkan diri dengan singkat. Pelamar dapat menyebutkan nama, pendidikan terakhir, dan pengalaman kerja yang relevan. Penting untuk menonjolkan kualifikasi yang dimiliki dan menjelaskan mengapa pelamar tertarik dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

4. Paragraf Kedua: Motivasi dan Kualifikasi

Pada paragraf kedua, pelamar harus menyampaikan motivasi dan kualifikasi yang dimiliki. Pelamar dapat menjelaskan mengapa tertarik dengan perusahaan tersebut, misalnya karena reputasi perusahaan atau nilai-nilai yang diusung. Selain itu, pelamar juga harus menunjukkan kualifikasi yang dimiliki, seperti keahlian atau pengalaman yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

5. Paragraf Ketiga: Keunggulan dan Kontribusi

Pada paragraf ketiga, pelamar harus menjelaskan keunggulan dan kontribusi yang dapat diberikan kepada perusahaan. Pelamar dapat mengemukakan keterampilan khusus, prestasi yang telah diraih, atau ide-ide inovatif yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan mereka.

6. Paragraf Keempat: Penutup

Paragraf penutup merupakan bagian terakhir dari surat lamaran pekerjaan. Pada bagian ini, pelamar harus menyampaikan harapan untuk dapat mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan. Pelamar juga dapat menyatakan ketersediaan untuk dihubungi atau memberikan informasi tambahan yang relevan.

7. Salam Penutup

Setelah paragraf penutup, pelamar harus menyampaikan salam penutup yang sopan. Contoh salam penutup yang umum digunakan adalah “Hormat saya” atau “Terima kasih”.

8. Tanda Tangan

Setelah salam penutup, pelamar harus menyertakan tanda tangan di bawahnya. Tanda tangan dapat ditulis secara manual atau menggunakan tanda tangan elektronik jika mengirim surat lamaran secara elektronik.

9. Lampiran

Jika ada dokumen pendukung yang ingin dilampirkan, seperti CV atau portofolio, pelamar dapat mencantumkannya pada bagian ini. Lampiran harus disusun dengan rapi dan diurutkan sesuai dengan yang diinginkan.

10. Kontak Pelamar

Pada bagian akhir surat lamaran pekerjaan, pelamar harus mencantumkan kontak yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon dan surel. Pastikan kontak yang dicantumkan aktif dan mudah dijangkau oleh pihak perusahaan.

Demikianlah bagian-bagian yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan. Pastikan untuk mengisi setiap bagian dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pelamar. Semoga surat lamaran Anda dapat memberikan kesan yang baik kepada pihak perusahaan dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tips Sebutkan Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik

Sebutkan Bagian Bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu langkah awal yang penting dalam mencari pekerjaan. Dalam surat lamaran tersebut, terdapat beberapa bagian yang harus disebutkan dengan jelas dan terstruktur. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh tips untuk sebutkan bagian-bagian surat lamaran pekerjaan yang penting dan harus diperhatikan.

Pertama, mari kita mulai dengan pembukaan surat lamaran pekerjaan. Bagian ini berfungsi sebagai pengenalan diri dan tujuan Anda dalam mengajukan lamaran pekerjaan. Dalam pembukaan ini, sebutkan dengan jelas nama, alamat, serta tujuan Anda dalam melamar pekerjaan yang sedang dibuka. Pastikan Anda menggunakan kata ganti pribadi “saya” agar terkesan lebih personal dan menunjukkan komitmen Anda terhadap posisi yang dilamar.

Kedua, lanjut ke paragraf berikutnya yang membahas pengalaman kerja atau pendidikan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Sebutkan bagian-bagian surat lamaran pekerjaan ini dengan menggunakan suara aktif agar terkesan lebih dinamis dan menunjukkan kemampuan Anda. Misalnya, “Saya telah memiliki pengalaman selama 3 tahun di industri ini dan memiliki keahlian dalam mengelola proyek-proyek yang kompleks.”

Selanjutnya, sederhanakan penulisan Anda agar mudah dipahami oleh pembaca. Selalu gunakan kalimat yang singkat dan jelas untuk menyampaikan informasi. Jangan terlalu memperpanjang kalimat dengan menggunakan frasa atau klausa yang tidak perlu. Jadikan tulisan Anda mudah dipahami dan langsung ke intinya.

Selain itu, libatkan pembaca dalam surat lamaran pekerjaan Anda. Gunakan pertanyaan retoris untuk menarik perhatian pembaca dan membuat mereka terlibat secara aktif. Misalnya, “Apakah perusahaan Anda sedang mencari seorang yang memiliki kemampuan analitis yang kuat? Saya yakin dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan kinerja perusahaan.”

Selanjutnya, gunakan analogi dan metafora untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Misalnya, jika Anda ingin menunjukkan dedikasi dan ketekunan Anda, Anda dapat menggunakan analogi seperti “Saya adalah seperti seekor lebah yang rajin mengumpulkan madu, selalu siap bekerja keras dan berdedikasi untuk mencapai hasil yang terbaik.”

Terakhir, tetap singkat dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Jangan terlalu memperpanjang surat dengan informasi yang tidak relevan. Poin-poin utama yang ingin Anda sampaikan harus tercakup dalam surat tersebut, tetapi tetap sederhana dan langsung ke intinya.

Demikianlah tujuh tips untuk sebutkan bagian-bagian surat lamaran pekerjaan yang penting dan harus diperhatikan. Dengan menggunakan bahasa formal dan menggunakan kata ganti pribadi, Anda dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik dan profesional. Selamat mencoba!

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .