Sebutkan Sumber Yang Biasa Dijadikan Dasar Pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan

GAJIUMR.COM – Sebutkan Sumber Yang Biasa Dijadikan Dasar Pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Sebutkan Sumber Yang Biasa Dijadikan Dasar Pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan

Pendahuluan

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu komponen penting dalam proses mencari pekerjaan. Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, penting untuk mencantumkan sumber yang menjadi dasar pembuatannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa sumber yang biasa digunakan untuk membuat surat lamaran pekerjaan.

Sumber 1: Lowongan Pekerjaan

Salah satu sumber utama dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan adalah lowongan pekerjaan itu sendiri. Ketika melamar pekerjaan, penting untuk mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat kita. Dalam surat lamaran, kita dapat menyebutkan sumber lowongan pekerjaan tersebut sebagai dasar mengapa kita tertarik untuk melamar pekerjaan tersebut.

Sumber 2: Website Perusahaan

Website perusahaan juga menjadi sumber yang sering digunakan untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Dalam website perusahaan, kita dapat menemukan informasi tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Hal ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menunjukkan kecocokan kita dengan budaya perusahaan dalam surat lamaran.

Sumber 3: Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga menjadi sumber yang penting dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Dalam surat lamaran, kita dapat mencantumkan pengalaman kerja sebelumnya yang relevan dengan posisi yang dilamar. Pengalaman kerja dapat menjadi dasar untuk menunjukkan kemampuan dan kualifikasi kita dalam surat lamaran.

Sumber 4: Referensi

Referensi dari orang-orang yang dapat memberikan rekomendasi juga bisa menjadi sumber yang baik untuk mencantumkan dalam surat lamaran pekerjaan. Jika kita memiliki referensi dari seseorang yang berhubungan dengan perusahaan yang kita lamar, kita dapat menyebutkan referensi tersebut sebagai dasar mengapa kita tertarik untuk melamar pekerjaan tersebut.

Sumber 5: Pengetahuan tentang Perusahaan

Pengetahuan tentang perusahaan juga menjadi sumber yang penting dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Dalam surat lamaran, kita dapat menyebutkan informasi tentang perusahaan yang kita dapatkan dari berbagai sumber seperti artikel, berita, atau wawancara dengan karyawan perusahaan tersebut. Pengetahuan tentang perusahaan dapat menjadi dasar untuk menunjukkan minat dan komitmen kita terhadap perusahaan dalam surat lamaran.

Sumber 6: Pendidikan dan Pelatihan

Pendidikan dan pelatihan juga menjadi sumber yang penting dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Dalam surat lamaran, kita dapat mencantumkan pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Pendidikan dan pelatihan dapat menjadi dasar untuk menunjukkan keahlian dan kualifikasi kita dalam surat lamaran.

Sumber 7: Penghargaan dan Prestasi

Penghargaan dan prestasi yang pernah kita peroleh juga bisa menjadi sumber yang baik untuk mencantumkan dalam surat lamaran pekerjaan. Jika kita pernah mendapatkan penghargaan atau mencapai prestasi yang relevan dengan posisi yang dilamar, kita dapat menyebutkan penghargaan dan prestasi tersebut sebagai dasar mengapa kita layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Sumber 8: Penelitian dan Proyek

Penelitian dan proyek yang pernah kita lakukan juga bisa menjadi sumber yang penting dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Dalam surat lamaran, kita dapat mencantumkan penelitian dan proyek yang relevan dengan posisi yang dilamar. Penelitian dan proyek dapat menjadi dasar untuk menunjukkan kemampuan dan kualifikasi kita dalam surat lamaran.

Sumber 9: Keahlian dan Kompetensi

Keahlian dan kompetensi yang kita miliki juga bisa menjadi sumber yang penting dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Dalam surat lamaran, kita dapat mencantumkan keahlian dan kompetensi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Keahlian dan kompetensi dapat menjadi dasar untuk menunjukkan kemampuan dan kualifikasi kita dalam surat lamaran.

Sumber 10: Kontak Referensi

Terakhir, kontak referensi juga bisa menjadi sumber yang penting dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Dalam surat lamaran, kita dapat mencantumkan kontak referensi yang dapat memberikan informasi tambahan tentang kita sebagai calon karyawan yang berkualitas. Kontak referensi dapat menjadi dasar untuk menunjukkan kepercayaan dan dukungan dari pihak lain dalam surat lamaran.

Demikianlah beberapa sumber yang biasa digunakan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Dengan mencantumkan sumber yang menjadi dasar pembuatan surat lamaran, kita dapat menunjukkan keahlian, kualifikasi, dan ketertarikan kita terhadap perusahaan yang kita lamar.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Sebutkan Sumber Yang Biasa Dijadikan Dasar Pembuatan Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik

Sebagai seorang pencari kerja, salah satu langkah penting untuk meningkatkan peluang diterima di perusahaan idaman adalah dengan menyusun surat lamaran pekerjaan yang menarik. Namun, tidak semua orang mengerti sumber-sumber apa saja yang biasa dijadikan dasar dalam pembuatan surat lamaran tersebut. Artikel ini akan memberikan 7 tips untuk menjelaskan sumber-sumber yang biasa digunakan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan.

Pertama, kita perlu menggunakan nada formal dalam menyusun surat lamaran pekerjaan. Nada formal akan memberikan kesan profesional dan serius kepada pihak perusahaan yang membaca surat lamaran kita. Dalam hal ini, sumber yang biasa dijadikan dasar adalah buku-buku referensi yang membahas tentang tata cara penulisan surat lamaran pekerjaan.

Kedua, kita harus menggunakan kata ganti pribadi dalam surat lamaran pekerjaan. Menggunakan kata ganti pribadi seperti “saya” atau “kami” akan memberikan kesan personal dan menunjukkan bahwa surat lamaran tersebut memang ditujukan kepada pihak perusahaan yang bersangkutan. Sumber yang biasa dijadikan dasar dalam penggunaan kata ganti pribadi adalah pengalaman pribadi atau contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang telah sukses diterima.

Ketiga, tetap sederhana dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu rumit atau sulit dipahami. Sumber yang biasa dijadikan dasar dalam penulisan yang sederhana adalah kamus atau tes kemampuan menulis.

Keempat, libatkan pembaca dalam surat lamaran pekerjaan. Ketika kita dapat mengaitkan pengalaman atau kualifikasi yang dimiliki dengan kebutuhan perusahaan, pembaca akan lebih tertarik untuk melanjutkan membaca surat lamaran tersebut. Sumber yang biasa dijadikan dasar dalam melibatkan pembaca adalah profil perusahaan yang dikunjungi atau wawancara dengan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Kelima, gunakan suara aktif dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Suara aktif akan memberikan kesan bahwa kita adalah orang yang proaktif dan siap untuk bekerja keras. Sumber yang biasa dijadikan dasar dalam penggunaan suara aktif adalah buku-buku motivasi atau contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang sukses.

Keenam, tetap singkat dalam penulisan surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran yang terlalu panjang dapat membuat pembaca bosan dan kehilangan minat. Sumber yang biasa dijadikan dasar dalam penulisan yang singkat adalah contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang efektif dan efisien.

Terakhir, gunakan pertanyaan retoris untuk memberikan kesan bahwa kita adalah orang yang berpikir kritis. Pertanyaan retoris dapat menarik perhatian pembaca dan membuat mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang kita. Sumber yang biasa dijadikan dasar dalam penggunaan pertanyaan retoris adalah buku-buku motivasi atau contoh-contoh surat lamaran pekerjaan yang sukses.

Dalam menyusun surat lamaran pekerjaan, kita dapat menggabungkan analogi dan metafora untuk memberikan penjelasan yang lebih hidup dan menarik. Analogi dan metafora dapat membuat surat lamaran kita menjadi lebih berkesan dan mudah diingat oleh pihak perusahaan. Contoh sumber yang biasa dijadikan dasar dalam penggunaan analogi dan metafora adalah buku-buku inspiratif atau cerita-cerita sukses di dunia kerja.

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan menggunakan sumber-sumber yang biasa digunakan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan, diharapkan surat lamaran kita akan lebih menarik dan memikat perusahaan yang kita lamar. Dalam hal ini, penting untuk selalu mengingat bahwa surat lamaran pekerjaan adalah salah satu langkah awal untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .