Surat Lamaran Kerja Sekretaris

GAJIUMR.COM – Surat Lamaran Kerja Sekretaris bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Surat Lamaran Kerja Sekretaris

Surat Lamaran Kerja Sekretaris

Surat lamaran kerja sekretaris merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan sebagai sekretaris. Dalam surat lamaran ini, calon pelamar perlu menyampaikan niatnya untuk bergabung dengan perusahaan yang dituju serta menyampaikan kualifikasi dan pengalaman yang dimiliki. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja sekretaris yang baik dan benar.

Persiapan Awal

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, ada beberapa persiapan awal yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan Anda telah melakukan riset tentang perusahaan yang dituju. Ketahui profil perusahaan, visi dan misi, serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusun surat lamaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Format Surat Lamaran Kerja Sekretaris

Setelah melakukan riset tentang perusahaan, langkah selanjutnya adalah menentukan format surat lamaran kerja. Format surat lamaran kerja sekretaris umumnya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1. Heading

Pada bagian ini, tuliskan alamat dan tanggal penulisan surat lamaran. Tempat dan tanggal penulisan biasanya diletakkan di pojok kanan atas surat.

2. Identitas Pelamar

Setelah heading, tuliskan identitas pelamar seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan identitas pelamar dituliskan dengan jelas dan lengkap.

3. Nama Perusahaan

Setelah identitas pelamar, tuliskan nama perusahaan yang dituju, beserta alamat lengkap perusahaan. Pastikan nama perusahaan dituliskan dengan benar dan lengkap.

4. Pembukaan

Pada bagian pembukaan, sampaikan niat Anda untuk melamar pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan tersebut. Ungkapkan juga kekaguman Anda terhadap perusahaan dan bagaimana Anda dapat berkontribusi sebagai sekretaris yang berkualitas.

5. Pengalaman dan Kualifikasi

Setelah pembukaan, jelaskan pengalaman kerja dan kualifikasi yang dimiliki. Sebutkan pengalaman kerja terkait sebagai sekretaris, baik di perusahaan sebelumnya maupun dalam proyek-proyek tertentu. Jelaskan juga kualifikasi pendidikan dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan sebagai sekretaris.

6. Penutup

Pada bagian penutup, sampaikan kembali minat Anda untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Berikan penegasan bahwa Anda siap untuk menghadapi tantangan dan berkontribusi dalam perusahaan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan.

7. Tanda Tangan

Pada bagian akhir surat, berikan tanda tangan Anda diikuti dengan nama lengkap. Pastikan tanda tangan ditulis dengan tinta hitam dan jelas terbaca.

Demikianlah format surat lamaran kerja sekretaris yang dapat Anda gunakan sebagai panduan dalam menyusun surat lamaran. Selain format, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam menyusun surat lamaran kerja sekretaris, antara lain:

Kesimpulan

Surat lamaran kerja sekretaris merupakan langkah awal untuk memperoleh pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan yang diinginkan. Dalam surat lamaran ini, calon pelamar perlu menyampaikan niat, pengalaman, dan kualifikasi yang dimiliki. Dengan menyusun surat lamaran yang baik dan benar, peluang Anda untuk diterima sebagai sekretaris di perusahaan tersebut akan semakin besar.

Sekian artikel mengenai surat lamaran kerja sekretaris. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan sebagai sekretaris. Terima kasih atas perhatiannya.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Surat Lamaran Kerja Sekretaris Yang Baik

Surat Lamaran Kerja Sekretaris adalah salah satu dokumen penting dalam mencari pekerjaan di bidang administrasi. Untuk meningkatkan peluang diterima bekerja, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam menyusun surat lamaran kerja sebagai seorang sekretaris. Dalam artikel ini, akan dijelaskan 7 tips yang dapat Anda gunakan untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian perekrut.

Pertama, gunakanlah nada formal dalam penulisan surat lamaran kerja Anda. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan profesional dan serius dalam melamar pekerjaan. Dengan menggunakan bahasa yang sopan dan menghormati, Anda akan memberikan kesan yang baik kepada perekrut bahwa Anda adalah seseorang yang siap bekerja secara profesional.

Kedua, gunakan kata ganti pribadi dalam penulisan surat lamaran kerja. Dalam hal ini, gunakan kata “saya” atau “saya bersedia” untuk menyatakan kemauan dan kemampuan Anda dalam menjalankan tugas sebagai seorang sekretaris. Hal ini akan menunjukkan kepercayaan diri dan dedikasi Anda terhadap pekerjaan yang Anda lamar.

Ketiga, tetap sederhana dalam penyusunan surat lamaran kerja. Hindari penggunaan kalimat atau frasa yang terlalu rumit atau berbelit-belit. Jelaskan dengan jelas dan singkat alasan mengapa Anda tertarik bekerja sebagai seorang sekretaris dan apa yang membuat Anda cocok untuk posisi tersebut. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami agar perekrut dapat dengan mudah memahami maksud dan tujuan Anda.

Keempat, libatkan pembaca dalam surat lamaran kerja Anda. Sampaikan informasi mengenai pengalaman kerja atau pendidikan yang relevan dengan posisi sekretaris yang Anda lamar. Jelaskan secara singkat bagaimana pengalaman atau pendidikan tersebut dapat membantu Anda dalam menjalankan tugas sebagai seorang sekretaris. Dengan melibatkan pembaca, Anda akan menunjukkan bahwa Anda telah memahami kebutuhan perusahaan dan mampu memenuhinya.

Kelima, gunakan suara aktif dalam penulisan surat lamaran kerja. Hindari penggunaan kalimat pasif yang dapat membuat surat terdengar kurang menarik. Contohnya, bukan “Saya ingin melamar pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan Anda,” tetapi “Saya melamar pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan Anda.” Dengan menggunakan suara aktif, Anda akan memberikan kesan bahwa Anda adalah pribadi yang proaktif dan siap bekerja keras.

Keenam, tetap singkat dalam penulisan surat lamaran kerja. Hindari pengulangan informasi yang tidak perlu atau terlalu banyak detil yang tidak relevan. Usahakan untuk menyampaikan informasi yang penting dan menarik perhatian perekrut secara padat dan jelas. Dengan surat yang singkat dan padat, Anda akan memudahkan perekrut dalam memahami pesan yang ingin Anda sampaikan.

Terakhir, gunakan pertanyaan retoris untuk mempengaruhi perekrut. Tanyakan pertanyaan yang menarik perhatian dan memancing pemikiran perekrut tentang mengapa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Contohnya, “Apakah perusahaan Anda membutuhkan seorang sekretaris yang dapat berkomunikasi dengan baik dan memiliki keterampilan organisasi yang kuat? Saya yakin saya adalah orang yang tepat untuk posisi ini.” Dengan menggunakan pertanyaan retoris, Anda akan membuat perekrut terlibat dalam membaca surat lamaran Anda.

Dalam penyusunan surat lamaran kerja sebagai seorang sekretaris, Anda juga dapat menggabungkan analogi dan metafora untuk menambah daya tarik surat. Misalnya, “Saya adalah roda penggerak yang dapat membantu perusahaan Anda berjalan dengan lancar seperti mesin yang teratur dan efisien.” Dengan menggunakan analogi atau metafora, Anda akan memberikan gambaran yang kuat tentang peran dan kontribusi Anda sebagai seorang sekretaris.

Dengan menerapkan 7 tips tersebut dalam penyusunan surat lamaran kerja sebagai seorang sekretaris, Anda akan meningkatkan peluang diterima bekerja. Jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci “Surat Lamaran Kerja Sekretaris” di setiap paragraf yang Anda buat, agar surat Anda dapat ditemukan oleh perekrut dengan lebih mudah. Semoga tips ini dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan sebagai seorang sekretaris.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .