Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja

GAJIUMR.COM – Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja

Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja

Surat persetujuan orang tua untuk kerja merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan saat seseorang yang masih di bawah umur ingin bekerja. Surat ini berfungsi sebagai izin dari orang tua atau wali untuk memungkinkan anaknya bekerja dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.

Mengapa Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja Penting?

Surat persetujuan orang tua untuk kerja penting karena menunjukkan keseriusan dan tanggung jawab orang tua dalam mengizinkan anaknya bekerja. Selain itu, surat ini juga melindungi perusahaan dari masalah hukum yang mungkin timbul jika ada klaim bahwa orang tua tidak memberikan izin atau mengetahui pekerjaan anak mereka.

Isi Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja

Isi surat persetujuan orang tua untuk kerja harus mencakup informasi yang lengkap dan jelas. Beberapa informasi yang perlu disertakan dalam surat ini antara lain:

  1. Nama lengkap anak
  2. Tanggal lahir anak
  3. Nama lengkap orang tua atau wali
  4. Alamat lengkap orang tua atau wali
  5. Jenis pekerjaan yang akan dilakukan oleh anak
  6. Waktu kerja anak
  7. Alamat tempat kerja
  8. Gaji yang akan diterima oleh anak
  9. Tanggal surat persetujuan dibuat
  10. Tanda tangan orang tua atau wali

Cara Membuat Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja

Untuk membuat surat persetujuan orang tua untuk kerja, Anda dapat mengikuti panduan berikut:

  1. Buka dokumen kosong di program pengolah kata.
  2. Tulis judul surat, yaitu “Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja”.
  3. Tuliskan tanggal pembuatan surat di bagian atas kanan.
  4. Tuliskan salam pembuka, seperti “Kepada Yth. Orang Tua/Wali”.
  5. Tuliskan pengantar yang menjelaskan tujuan surat dan memberikan informasi tentang pekerjaan yang akan dilakukan oleh anak.
  6. Tuliskan informasi lengkap tentang anak, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat.
  7. Tuliskan informasi lengkap tentang orang tua atau wali, seperti nama lengkap dan alamat.
  8. Tuliskan informasi tentang pekerjaan yang akan dilakukan oleh anak, seperti jenis pekerjaan, waktu kerja, alamat tempat kerja, dan gaji yang akan diterima.
  9. Tambahkan kalimat penutup yang menunjukkan bahwa orang tua atau wali memberikan persetujuan penuh terhadap pekerjaan anak.
  10. Tuliskan salam penutup, seperti “Hormat kami, [Nama Orang Tua/Wali]”.
  11. Tuliskan nama orang tua atau wali di bawah salam penutup.
  12. Tambahkan tanda tangan orang tua atau wali di bawah nama.

Contoh Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja

Berikut ini adalah contoh surat persetujuan orang tua untuk kerja:

Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja

Surabaya, 12 Juli 2022

Kepada Yth. Orang Tua/Wali

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan ini, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Orang Tua/Wali: Budi Santoso

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 123, Surabaya

Memberikan persetujuan penuh kepada anak kami yang bernama:

Nama Anak: Ani Rahmawati

Tanggal Lahir: 15 Mei 2005

Untuk bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan XYZ dengan rincian sebagai berikut:

Jenis Pekerjaan: Kasir

Waktu Kerja: Senin – Jumat, pukul 08.00 – 17.00

Alamat Tempat Kerja: Jl. Raya Darmo No. 456, Surabaya

Gaji: Rp 3.000.000,- per bulan

Surat persetujuan ini kami buat dengan sebenarnya dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Kami juga menyatakan bahwa kami mengetahui dan memahami tanggung jawab yang akan diemban oleh anak kami dalam pekerjaan ini.

Demikian surat persetujuan ini kami buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami,

[Nama Orang Tua/Wali]

Tanda Tangan:

[Tanda Tangan Orang Tua/Wali]

Setelah membaca contoh surat persetujuan orang tua untuk kerja di atas, Anda dapat dengan mudah membuat surat persetujuan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan surat persetujuan ini ditandatangani oleh semua pihak yang terlibat untuk memastikan keabsahannya.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja Yang Baik

Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja adalah dokumen penting yang harus disiapkan oleh para pemuda atau pemudi yang ingin memulai karir mereka. Dalam surat ini, orang tua memberikan izin kepada anak mereka untuk bekerja dan mengejar impian mereka. Berikut adalah 7 tips untuk menulis Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja yang efektif dan memikat hati.

1. Gunakan Nada Formal
Dalam menulis Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja, pastikan Anda menggunakan nada formal yang sesuai dengan dokumen resmi. Hindari penggunaan kata-kata kasual atau slang yang tidak sesuai dengan situasi ini.

Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja adalah wujud dukungan dan keseriusan orang tua terhadap langkah karir anaknya. Oleh karena itu, penting untuk menunjukkan rasa hormat dan keberlanjutan dengan menggunakan kata-kata yang tepat.

2. Gunakan Kata Ganti Pribadi
Dalam surat ini, penting untuk menggunakan kata ganti pribadi seperti “saya” dan “kami” untuk menunjukkan bahwa orang tua secara langsung terlibat dan mendukung keputusan anak mereka. Hal ini juga memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak.

Dalam Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja, kami dengan senang hati memberikan izin kepada anak kami untuk memulai karirnya dan mengejar impian masa depannya.

3. Tetap Sederhana
Meskipun Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja adalah dokumen resmi, tetaplah sederhana dalam pemilihan kata dan frasa. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu rumit atau istilah-istilah yang sulit dipahami.

Kami, sebagai orang tua, dengan tulus memberikan persetujuan kepada anak kami untuk bekerja dan mengembangkan potensi dirinya di dunia kerja.

4. Libatkan Pembaca
Dalam menulis Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja, penting untuk melibatkan pembaca dengan menjelaskan alasan di balik persetujuan tersebut. Jelaskan mengapa Anda sebagai orang tua merasa yakin bahwa anak Anda siap untuk bekerja dan mengejar impian mereka.

Kami melihat dedikasi dan semangat kerja yang kuat dalam diri anak kami. Kami percaya bahwa pengalaman kerja akan membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang sukses.

5. Gunakan Suara Aktif
Dalam surat ini, gunakan suara aktif untuk membuat tulisan lebih hidup dan menarik. Hindari penggunaan kata-kata pasif yang dapat membuat tulisan terasa datar dan membosankan.

Dengan penuh keyakinan, kami memberikan izin kepada anak kami untuk memulai karirnya dan menunjukkan kemampuan mereka kepada dunia.

6. Tetap Singkat
Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja sebaiknya tidak terlalu panjang. Usahakan untuk menyampaikan pesan secara jelas dan ringkas agar orang tua dapat dengan mudah memahami dan menyetujui isi surat.

Kami memberikan persetujuan penuh kepada anak kami untuk bekerja dan mengejar impian mereka. Kami yakin mereka akan mampu menghadapi tantangan dengan baik.

7. Gunakan Pertanyaan Retoris
Untuk menarik perhatian pembaca, gunakan pertanyaan retoris yang menantang pemikiran mereka. Hal ini dapat membantu memperkuat argumen dan meningkatkan keterlibatan pembaca.

Apakah ada yang lebih penting daripada memberikan dukungan kepada anak kita dalam meraih kesuksesan? Kami dengan tulus memberikan izin kepada mereka untuk memulai karir mereka dan menunjukkan potensi terbaik mereka.

Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja adalah tanda cinta dan dukungan yang kuat dari orang tua kepada anak mereka. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menulis surat yang efektif dan memikat hati, serta memperoleh persetujuan yang diharapkan. Jadi, jangan ragu untuk menyusun Surat Persetujuan Orang Tua Untuk Kerja yang menggambarkan keinginan terbaik bagi masa depan anak Anda.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .