Surat Tugas Kerja

GAJIUMR.COM – Surat Tugas Kerja bisa dilakukan dengan mudah, begini caranya.

Surat Tugas Kerja

Surat Tugas Kerja

Surat tugas kerja adalah dokumen resmi yang digunakan oleh perusahaan atau instansi untuk memberikan instruksi kepada karyawan atau pegawai yang akan melaksanakan tugas di luar kantor. Surat ini berfungsi sebagai bukti tertulis yang menyatakan tanggung jawab, tujuan, dan instruksi yang harus dilakukan oleh karyawan dalam menjalankan tugasnya.

Tujuan Surat Tugas Kerja

Surat tugas kerja memiliki beberapa tujuan yang harus dipenuhi. Pertama, surat ini digunakan untuk memberikan arahan kepada karyawan mengenai tugas yang harus dilaksanakan selama berada di luar kantor. Kedua, surat ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi yang jelas antara atasan dan bawahan. Ketiga, surat tugas kerja juga dapat digunakan sebagai dokumen resmi untuk keperluan administrasi perusahaan.

Isi Surat Tugas Kerja

Surat tugas kerja umumnya memiliki beberapa poin penting yang harus diisi. Pertama, surat ini harus mencantumkan identitas perusahaan atau instansi yang mengeluarkan surat. Hal ini meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan logo perusahaan. Kedua, surat tugas kerja harus mencantumkan identitas karyawan yang akan melaksanakan tugas, seperti nama, jabatan, dan departemen tempat bekerja.

Kemudian, surat ini harus mencantumkan tujuan tugas yang akan dilakukan oleh karyawan. Misalnya, tujuan tugas dapat berupa kunjungan ke klien, menghadiri seminar, atau melakukan survei di lapangan. Selain itu, surat juga harus mencantumkan durasi tugas yang akan dilaksanakan oleh karyawan, baik dalam bentuk tanggal atau periode waktu tertentu.

Surat tugas kerja juga harus mencantumkan instruksi yang harus dilakukan oleh karyawan selama menjalankan tugas. Instruksi ini dapat berupa hal-hal yang harus diperhatikan, pekerjaan yang harus diselesaikan, atau tindakan yang harus dilakukan dalam situasi tertentu. Selain itu, surat tugas kerja juga dapat mencantumkan informasi mengenai alokasi biaya, seperti biaya transportasi, akomodasi, atau uang makan.

Contoh Surat Tugas Kerja

Berikut adalah contoh surat tugas kerja yang dapat digunakan sebagai referensi:

PT ABC

Jl. Jalan Raya No. 123, Jakarta

Telp: 08123456789

Surat Tugas Kerja

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: John Doe

Jabatan: Karyawan

Departemen: Pemasaran

Dengan ini memberikan tugas kepada:

Nama: Jane Smith

Jabatan: Karyawan

Departemen: Pemasaran

Untuk melaksanakan tugas sebagai berikut:

1. Mengunjungi klien di Surabaya pada tanggal 10-12 Januari 2022.

2. Mengikuti seminar pemasaran di Bali pada tanggal 20-22 Februari 2022.

3. Melakukan survei di lapangan di Bandung pada tanggal 5-7 Maret 2022.

Selama melaksanakan tugas ini, karyawan diharapkan untuk:

1. Membawa dokumen yang diperlukan untuk presentasi kepada klien.

2. Mengikuti seluruh sesi seminar dengan sungguh-sungguh.

3. Melakukan wawancara dengan responden survei secara profesional.

Perusahaan akan memberikan alokasi biaya untuk transportasi, akomodasi, dan uang makan selama menjalankan tugas di luar kantor.

Demikian surat tugas ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Hormat kami,

John Doe

Karyawan

Demikianlah penjelasan mengenai surat tugas kerja. Surat ini memiliki peran penting dalam memberikan arahan dan instruksi kepada karyawan yang akan melaksanakan tugas di luar kantor. Dengan adanya surat tugas kerja, karyawan dapat menjalankan tugas dengan jelas dan efisien. Jadi, pastikan surat tugas kerja yang Anda buat mencakup semua informasi yang diperlukan dan memberikan petunjuk yang jelas kepada karyawan.

[related by=”category” jumlah=”2″ mulaipos=”2″]

Tips Surat Tugas Kerja Yang Baik

Surat Tugas Kerja adalah salah satu dokumen yang penting dalam dunia kerja. Dalam surat ini, terdapat instruksi resmi yang diberikan oleh atasan kepada bawahan untuk melaksanakan tugas tertentu. Untuk memastikan surat tugas kerja Anda terlihat profesional dan efektif, berikut adalah 7 tips dalam penulisan surat tugas kerja yang sepertinya ditulis oleh manusia.

1. Gunakan Nada Formal
Dalam penulisan surat tugas kerja, pastikan Anda menggunakan nada formal yang sesuai dengan konteks profesional. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau informal. Sebagai contoh, gunakan frasa “Yang Mulia” untuk menyapa penerima surat tugas kerja yang berstatus pejabat.

2. Gunakan Kata Ganti Pribadi
Pada surat tugas kerja, gunakan kata ganti pribadi seperti “saya” atau “kami” untuk memberikan kesan personal. Hal ini akan membantu membangun hubungan yang lebih dekat antara atasan dan bawahan. Misalnya, “Saya meminta Anda untuk segera menyelesaikan tugas ini.”

3. Tetap Sederhana
Meskipun surat tugas kerja merupakan dokumen resmi, tetaplah sederhana dalam penulisan. Hindari penggunaan kalimat yang terlalu rumit atau berbelit-belit. Pastikan informasi yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh penerima.

4. Libatkan Pembaca
Agar surat tugas kerja lebih menarik, libatkan pembaca dengan memberikan penjelasan yang jelas dan terperinci mengenai tugas yang harus dilakukan. Berikan alasan mengapa tugas tersebut penting dan bagaimana kontribusinya terhadap keberhasilan organisasi.

5. Gunakan Suara Aktif
Dalam penulisan surat tugas kerja, gunakan suara aktif untuk memberikan kesan bahwa atasan memberikan instruksi dengan tegas. Misalnya, gantilah kalimat “Anda akan ditugaskan untuk menyelesaikan proyek ini” menjadi “Saya menugaskan Anda untuk menyelesaikan proyek ini.”

6. Tetap Singkat
Surat tugas kerja sebaiknya disusun secara singkat dan padat. Hindari pengulangan informasi yang tidak perlu. Sampaikan pesan dengan jelas dan langsung ke intinya agar penerima surat dapat dengan mudah memahaminya.

7. Gunakan Pertanyaan Retoris
Untuk menarik perhatian penerima surat tugas kerja, gunakan pertanyaan retoris. Pertanyaan ini dapat mempengaruhi pemikiran penerima dan memotivasi mereka untuk melaksanakan tugas dengan lebih baik. Contoh pertanyaan retoris yang dapat digunakan adalah “Apakah Anda siap untuk menghadapi tantangan ini?”

Dalam penulisan surat tugas kerja, penting untuk menggabungkan analogi dan metafora untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan menarik. Misalnya, “Tugas ini adalah seperti membangun jembatan, membutuhkan ketelitian dan kerjasama yang solid agar dapat mencapai tujuan bersama.”

Dengan mengikuti 7 tips di atas, Anda dapat menulis surat tugas kerja yang terlihat profesional dan efektif. Jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci “Surat Tugas Kerja” di setiap paragraf agar artikel ini tetap relevan dengan topik yang dibahas.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiUMR.com di Google News
error: .